5 Kuliner Khas Purwakarta Wajib Anda Coba

03 June 2022

Sate Maranggi

Makanan yang sangat digemari oleh masyarakat lokal dan wisatawan adalah sate maranggi. Sate ini mempunyai bentuk yang berbeda dan cukup unik dibandingkan dengan sate pada umumnya. Dengan tampilannya yang beda tersebut membuat anda wajib untuk mencobanya saat berkunjung ke kota satu ini. Sebab, sate maranggi ini disajikan tanpa bumbu kacang.

Tak hanya itu saja, jika biasanya sate disiram dengan bumbu dan kemudian dibakar, maka hal ini berbeda dengan sate maranggi. Sebab, cara pembuatan sate ini direndam terlebih dahulu. Dengan bumbu khas rempah. Kemudian, setelah bumbunya meresap ke daging, barulah sate dibakar. untuk penyajiannya sendiri, sate ini biasanya ditambahkan dengan kecap, irisan jeruk dan juga tomat. Meskipun memiliki tampilan yang sederhana, namun rasa dari sate ini sangatlah menggoda.

 

Surabi

 

Jajanan yang memiliki rasa gurih ini juga menjadi makanan khas yang bisa anda coba saat jalan jalan di Purwakarta. Untuk bahan pembuatannya sendiri pun cukup sederhana, hanya menggunakan tepung beras. Kemudian, dicampur dengan beberapa bahan lain sehingga sangat gurih dan enak dikonsumsi.

Dalam pembuatannya sendiri, surabi masih menggunakan alat tradisional. Dimana dibakar di atas tungku sehingga menghasilkan aroma yang sangat khas. Selain itu, bagi anda yang ingin mengurangi minyak, maka surabi dapat menjadi jajanan yang bisa anda coba. Sebab dalam pembuatannya sendiri, makanan satu ini tidak menggunakan minyak.

 

Simping

 

Camilan khas satu ini rupanya menjadi salah satu makanan yang kerap kali dicari wisatawan untuk dijadikan oleh oleh. Sebab makanan satu ini memang sangat nagih untuk dikonsumsi, terutama untuk teman bersantai. Karena dengan teksturnya yang tipis dan juga renyah membuat anda tak henti untuk mengunyahnya.

Ada berbagai pilihan rasa yang bisa anda pilih, seperti cabai, jahe, nangka, stroberi, pandan hingga durian dan coklat tersedia pada makanan satu ini. tak hanya itu saja, simping juga dibuat dengan berbagai macam pilihan warna. Sebut saja seperti kuning, merah muda, putih dan hijau. Sehingga anda pun bisa memilih sesuai dengan keinginan.

 

Es Ciming

Hidangan satu ini juga menjadi salah satu makanan yang digemari oleh wisatawan. Terutama ketika siang hari. Sebab kota yang cukup panas ini, membuat banyak orang menggemari es ciming. Ketika anda memesan es satu ini, maka anda pun akan disuguhkan dengan es yang memiliki banyak isian.

Dimana anda bisa menemukan cendol, jeli, kacang hijau dan juga cincau hitam. Sedangkan yang membuat es ini menjadi lebih segar, serutan es batu dan juga sirup merah serta susunya akan membuat anda ketagihan. Untuk itu, bagi anda yang tak tahan dengan terik mataharinya kota Purwakarta, maka mengkonsumsi es ciming dapat menjadi solusinya.

 

Colenak

 

Makanan pertama yang bisa anda cicipi ketika berkunjung ke Purwakarta adalah colenak. Hidangan satu ini memang sangat terkenal di daerah Sunda. Ketika mencoba makanan satu ini, maka rasa manis nan legit yang akan anda rasakan. Tak mengherankan, sebab camilan tersebut diberikan siraman saus gula merah yang lezat.

Untuk bahan utamanya sendiri, colenak terbuat dari bahan dasar yakni peuyeum atau tape singkong dan tentunya gula merah. Tape singkong tersebut, kemudian diberikan saus gula merah dan juga taburan kelapa yang telah disangrai sehingga rasa manis yang akan anda dapatkan. Makanan satu ini sangat cocok dinikmati ketika sore hari sembari minum teh hangat.

Previous
Terbaru: Angkringan Teras Nagamas
Next
BBQ Night Every Saturday

« View all posts

Contact Us

Connect with Us
+62 264 351888
Sign up to our Newsletter & Offers

Accolades

Prime Plaza Hotels
Prime Plaza Resorts
PrimeBiz Hotels